DIPREDIKSI BPBD KABUPATEN SUMENEP AKAN ALAMI GEMPA

DIPREDIKSI BPBD KABUPATEN SUMENEP AKAN ALAMI GEMPA

Wednesday, 1 November 2017, 17:57

Sumenep, kanalmadura.com —
Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, akan mengalami gempa bumi, kapan bencana waktu yang terjadi tidak di tentukan. Dalam hal itu disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, Sudarmawan, rabu 1/11/2017 di sumenep.

Ia memaparkan saat dikonfirmasi beberapa media, bahwa, ada enam bencana yang berpotensi kemungkinan terjadi di kabupaten sumenep. ” Dari 12 jenis bencana alam, ada enam bencana berpotensi yang telah terjadi kabupaten sumenep, Madura,” katanya.

Enam jenis dari 12 bencana alam dimaksud ialah banjir, tanah longsor, angin puting beliung, abrasi laut, kekeringan, dan gempa bumi.
“Kalau tsunami itu tidak ada. Kalau gempa bumi akan ada,” ujarnya.

Gempa bumi dimungkinkan terjadi di Sumenep akibat ada pergeseran lempeng-lempeng bumi. “Pergeseran lempeng itu mengarah ke Surabaya dan Madura,” tegas dia.

Dengan demikian, saat disinggung upaya yang dilakukan pihaknya untuk mengurangi resiko terjadinya bencana, dia menyatakan telah memiliki beberapa program. Di antaranya melakukan penanaman pohon mangrove yang diletakkan di wilayah pesisir Kacamatan Kalianget.

“Pembentukan desa tangguh bencana itu juga merupakan program dalam rangka mengurangi resiko bencana, karena penanganan bencana itu tidak hanya pada saat terjadinya, tapi lebih diperkuat pada saat pranya,” tutur Sudarmawan. 

TerPopuler