Sekelumit tentang Titik awal peringatan International Women’s Day

Sekelumit tentang Titik awal peringatan International Women’s Day

Wednesday, 8 March 2017, 15:10

Hari ini tepat pada Rabu (8/3/2017) adalah harinya kaum hawa. tanggal di mana segenap perempuan di seluruh dunia memperingati Hari Perempuan Internasional atau lebih dikenal International Women’s Day.

Hari di mana para perempuan di seantero dunia, memperingati keberhasilan dalam berbagai bidang, termasuk ekonomi, sosial dan politik.

Gagasan tentang perayaan ini sebenarnya telah muncul sejak abad ke 20. Yang ketika itu, kaum perempuan yang bekerja sebagai buruh tekstil mengadakan protes pada 8 Maret 1857 di New York City.

Mereka mengeluhkan kinerja yang buruk dan tingkat gaji yang rendah. Dan Kisah ini kemudian menginspirasi wanita di seluruh dunia.

Meskipun hari perempuan sempat “hilang” pada masa 1910-20an. Tapi peringatan ini baru kembali dihidupkan, berbarengan dengan bangkitnya feminisme pada era 60an. Baru di tahun 1974, PBB menyokong Hari Perempuan Internasional yang ditetapkan pada 8 Maret.

Pada Hari Perempuan Internasional, kita semestinya mengambil kesempatan untuk terus maju untuk mencapai prestasi kaum perempuan dengan segala tantangan zaman yang terus dihadapi.

Selamat Bagi para perempuan dan pada moment International Women’s Day, perempuan indonesia bisa bertambah maju.*(tim)

TerPopuler