-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Index berita

iklan

Iklan

Dandim Serahkan Bantuan Alsintan Kepada Sejumlah Poktan

Tuesday, 4 August 2015 | 19:52 WIB | 0 Views Last Updated 2015-08-04T12:52:30Z

PAMEKASAN,(04/8/2015) Kanalmadura.com - Sebanyak 14 unit Alsintan bantuan pemerintah diserahkan Dandim 0826/Pamekasan pada hari Selasa (4/8/15) di pendopo Makodim 0826 secara simbolis mewakili Kepala Dinas Pertanian kepada 14 kelompok tani (Poktan) dari 6 (enam) kecamatan di wilayah Kabupaten Pamekasan. Alsintan yang dibagikan berupa Com Shaler (pemipil jagung kombinasi) sebanyak 10 unit dan Power Thrasher (alat perontok) kombinasi 4 unit.

Alsintan yang dibagikan merupakan bantuan pemerintah dari dana APBNP Pusat. Melalui mekanisme pengajuan dari bawah (Poktan) ke Dinas Pertanian Kabupaten Pamekasan selanjutnya diajukan ke Dinas Pertanian Propinsi Jawa Timur dan Kementerian Pertanian, akhirnya didukung 6 (enam) Com Shaler dan 4 (empat) Power Thrasher kombinasi.

"Empat unit lagi Com Shaler turun tanpa pengajuan dari bawah. Kami (Dispertan) tidak tahu, namun Poktan yang akan menerima bantuan sudah diverifikasi semua" jelas Ali Dramanto Kasi Pasca Panen dan Pengolahan Hasil, Dinas Pertanian Kabupaten Pamekasan.

Dandim 0826 Letkol Arm Mawardi, S.A.P mengingatkan kepada para penerima bantuan bahwa Alsintan yang diberilan oleh Pemetintah harus dirawat, pergunakan dengan semestinya agar para petani lebih mudah dan cepat dalam bekerja.

"Semoga Alsintan yang dibagi dapat membantu petani mempermudah dalam proses pasca panen dan meningkatkan semangat dan meningkatkan kesejahteraan petani" harapan Dandim melalui perwakilan Poktan. "Petani adalah pekerjaan mulia, jadi jangan malu menjadi petani" tegasnya.

Pihaknya juga mempertegas kepada kelompok tani penerima bantuan, bahwa bantuan alat tersebut adalah amanah yang harus dipertanggung jawabkan dan jangan sampai ada yang menjualnya.

Sedangkan Poktan yang menerima bantuan antara Com Shaler di antaranya, Poktan Setya Jaya Kec. Batumarmar,  Poktan Taman Sari Kec. Batumarmar, Poktan Anggrek putih Kec. Batumarmar, Poktan Lembah Hijau Kec. Larangan, Poktan Usaha Murni Kec. Larangan, Poktan Sumber Rezeki Kec. Propo, Poktan Surya Tani Kec. Propo, Poktan Harapan Baru Kec. Pasean, Poktan Surya Tani Kec. Pasean, Poktan Cagar Alam Kec. Pegantenan dan yang menerima Power Thrasher diantaranya,
Poktan Tani Makmur Kec. Pegantenan.
Poktan Suka Maju Kec. Palengaan, Poktan Rukun Makmur Kec. Pasean, Poktan Taman Sari II Kec. Pademawu.*(ri/ie)

×
Berita Terbaru Update