Penerima Bantuan RTMP Diduga di Sunat 20 Persen Oleh Penyalur

Penerima Bantuan RTMP Diduga di Sunat 20 Persen Oleh Penyalur

Saturday, 12 October 2019, 08:43

gambar ilustrasi

Pamekasan, Kanalmadura.-Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan kucuran bantuan program paket kepada rumah tangga miskin pertanian (RTMP) di Pamekasan di empat kecamatan.

Yakni Kecamatan Kadur, Larangan, Kecamatan Galis dan Kecamatan Kota Pamekasan.

Bantuan itu berupa 50 ekor ayam, 150 kg pakan ternak, satu paket obat hewan dan uang pembuatan kandang sebesar Rp 500.000.

Namun hal itu dikeluhkan oleh penerima bantuan disebabkan adanya pemotongan terhadap bantuan dari Kementan tersebut sebesar Rp 100.000.


Menurut Hafid salah satu penerima bantuan di desa Bangkes Kecamatan Kadur mengatakan saat menerima dana pembuatan kandang ayam itu, mereka menandatangani bukti penerimaan lewat kuitansi sebesar Rp 500.000, namun yang diberikan hanya Rp 400.000.

"saya tidak faham kenapa yang ditandatangani di kwitansi penerimaan itu 500.000 tapi yang di berikan hanya 400.000," Ujarnya pada media Jumat (11/10/2019).

Hafid juga menambahkan, di desanya terdapat sekitar 1.000 RTMP yang menerima bantuan. Dan mereka semua dipotong.

Sementara itu salah satu pelaksana Unit Pengelola Keuangan Kegiatan (UPPK), Desa Bangkes, Kecamatan Kadur, Pamekasan, Fathor Rasi mengakui pemotongan yang dilakukan penyalur itu untuk uang simpanan untuk kebutuhan dan pelaporan bulanan mengenai bantuan itu.

seperti transportasi mengangkut pakan ternak dan ayam, cetak foto dan foto kopi berkas.

“Uang yang dikatakan dipotong bukan untuk kepentingan kami pribadi, melainkan kepentingan penerima bantuan". Jelasnya*(ar/red)

TerPopuler