Warga Desa Dempoh Barat Dihebohkan Penemuan Gua Kristal

Warga Desa Dempoh Barat Dihebohkan Penemuan Gua Kristal

Sunday, 15 September 2019, 11:33
foto:gua kristal desa dempoh barat

Pamekasan,KanalMadura.-Penemuan Gua Batu Kristal Gegerkan Warga Dempo Barat, Gua tersebut ditemukan di  Dusun Toroy, Desa Dempo Barat , Kecamatan Pasean, Pamekasan, Madura, digegerkan dengan penemuan sebuah gua yang didalamnya penuh dengan dinding batu kristal. Tak hanya itu, aura mistis juga masih menyelimuti di dalam gua tersebut.

Menurut penuturan warga gua tersebut memang sudah ada sejak dulu. Tapi tidak ada orang yang berani untuk membuka batu besar yang menutupi pintu gua yang berada di Desa Dempo Barat Kabupaten Pamekasan.

Gua yang sampai saat ini masih ramai dikunjungi warga sekitar. Warga berdatangan dengan rasa penasaran dan ingin melihat langsung panorama gua tersebut.

Sebelum gua Kramat Abdi  dibuka salah seorang warga yang rumahnya berada didekat goa yang bernama Newa (50) mengaku diberi petuntuk oleh seseorang lewat mimpinya untuk membuka dan merawat gua yang diberi nama gua Kramat Abadi oleh seseorang yang datang kedalam mimpinya tersebut.

Hingga saat ini, beberapa warga sekitar membuka dan memindahkan batu besar yang menutupi gua dan mengeluarkan tumpukan tanah yang berada di sekitar pintu gua.

kata salah seorang warga yang bernama Hasib warga yang membantu mengerjakan gua Kramat Abadi pada hari Minggu (15/9/2019) .

Sampai saat ini gua tersebut sedah mencapai kedalaman kurang lebih 30 meter ke bawah tanah

Warga lain, Mohammad kholiq (30) mengatakan sejak empat hari yang lalu pintu gua dibuka. Ia bersama warga lain ikut membantu mengerjakan.

"Kami bersama warga sekitar berusaha membersihkan tumpukan tanah yang menutupi pintu gua. Kini banyak warga sekitar yang berdatangan untuk melihat gua," ungkapnya.

Gua Kramat Abadi ini merupakan tempat pertapaan buju' Miari sesepuh masyarakat Desa Dempo Barat, gua kramat abadi ini tembuh ke gua payudan Kabupaten Sumenep.

Dengan ditemukannya gua Kramat Abadi ini destinasi wisata di Kabupaten Pamekasan bertambah lagi, setelah sebulumnya ada gua yang viral yaitu gua Soekarno. *(Mh. Arfy)

TerPopuler