Inilah Sebagian Tempat Wisata Religi di Madura

Inilah Sebagian Tempat Wisata Religi di Madura

Wednesday, 21 August 2019, 22:33

foto: masjid Syaikhona Kholil, sumber Kaskus

Kanalmadura,- Tak hanya terkenal dengan wisata kulinernya, ternyata juga ada sejumlah tempat di pulau Madura yang bisa dijadikan alternatif liburan wisata religi.

Yang mana tempat tersebut merupakan makam-makam keramat atau bersejarah yang ada di Madura yang pada umumnya adalah makam para raja-raja,  ulama dan kyai yang berperan dalam menyebarkan agama Islam, diantaranya yaitu.

Pasarean Syaikhona Kholil Bangkalan.


Foto: lokasi asta mbah Kholil

Syaikhona Kholil sangat terkenal di kalangan umat Muslim, salah satunya bagi masyarakat Nahdliyyin (NU).

Syekhona Kholil atau biasa disapa dengan Mbah Kholil sendiri merupakan guru dari pendiri NU, yaitu KH Hasyim Asy’ari.


Asta Tinggi Sumenep.

Foto:asta tinggi

Asta Tinggi merupakan kawasan pemakaman khusus para Pembesar/Raja/Kerabat Raja yang teletak di kawasan dataran tinggi bukit Kebon Agung Sumenep.

Dalam bahasa Madura Asta Tinggi disebut juga sebagai Asta Rajâ yang bermakna makam para Pangradjâ (pembesar) Kerajaan.


Aer Mata Ebu Bangkalan.

foto: komplek Aer mata ebu

Tempat wisata ini terletak di kecamatan Arosbaya, tidak  jauh dari makam Syaikhona Kholil.

Disitu terdapat kisah mengharukan dimana Cakraningrat I yang merupakan raja Madura kala itu lebih sering menghabiskan waktunya di Mataram, sehingga membuat istirnya yang bernama Syarifah Ambani merasa sedih dan beliaupun melakukan pertapaan di sebuah bukit yang berada di Desa Buduran Arosbya.

Di situ beliau memohon dan berdoa agar keturunannya hingga tujuh turunan bisa ditakdirkan menjadi penguasa pemerintahan di Madura.


Batu Ampar Pamekasan.


foto: asta batu ampar

Kompleks Pemakaman Batu Ampar ini berlokasi di salah satu desa di Kecamatan Proppo, Pamekasan, Madura.

Batu Ampar merupakan tempat pemakanan para ulama yang disitu terdapat Makam enam wali Allah, Yaitu Syekh Abdul Manan (Bujuk Kosambi), Syekh Syamsudin (Bujuk Lattong), Syekh Basyaniyah (Bujuk Tumpeng), Syekh Damanhuri, Syekh Moh. Romli dan Syekh Husen.


Makam Ronggosukowati Pamekasan.

foto:makam ronggosukowati

Tempat ini merupakan komplek makam pangeran Ronggosukowati yang terkait dengan tempat mana yang ia pimpin adalah Kabupaten Pamekasan dan juga merupakan Raja Islam pertama di Pamekasan.

Ronggosuwati juga disebut-sebut sebagai raja pertama di Pamekasan yang secara terang-terangan mengembangkan Agama Islam di Keraton dan rakyatnya.

Situs makam pangeran RonggoSukowati ini terletak sekitar satu Kilometer di sebelah utara dari alun-alun Kota Pamekasan atau lebih tepatnya berada di Kelurahan Kolpajung, Kecamatan Pamekasan, Kabupaten Pamekasan.

*diambil dari berbagai sumber


TerPopuler