Dandim 0829 Bangkalan Hadiri Rapat Kontijensi Penanganan Bencana

Dandim 0829 Bangkalan Hadiri Rapat Kontijensi Penanganan Bencana

Thursday, 10 November 2016, 09:27


Bangkalan,- kamis, 10/11/2016. Komandan Kodim 0829/Bangkalan Letkol Inf Sunardi Istanto menghadiri rapat persiapan penyusunan kontinjensi yang di gelar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDP) Kabupaten Bangkalan di Hotel Ningrat jln KH Moh Holil No.113  Kab Bangkalan. Selasa kemaren (8/11/2016)
 
Kegiatan itu digelar untuk fasilitasi penguatan kapasitas kesiapsiagaan daerah, apalagi penyelenggaraan penanggulangan bencana meliputi serangkaian kebijakan pembangunan, pencegahan bencana, tanggap darurat dan rehabilitasi.
 
Acara dibuka oleh Sekertaris Pemkab Kabupaten Bangkalan Bapak DR. Edi Mulyono yang bertindak mewakili Bupati Bangkalan, Makmun Ibnu Fuad, , dalam kesempatan tersebut dirinya menerangkan bagaimana konsep penyelenggaraan penanganan bencana yang mana memang dilakukan secara spesifik untuk melakukan penanganan mulai dari pra bencana hingga setelah bencana berlangsung.
 
Lanjut  Bapak DR. Edi Mulyono, “Rencana untuk menghadapi bencana banjir  dan bencana alam  dalam pelaksanaanya setiap masing masing unsur pelaksana di lapangan tugas dan tanggung jawab  dalam pelaksanaan nanti secara mendadak sudah tahu tugas dan fungsinya apa yang menjadi tanggung jawab dan apa yang akan di kerjakan klo ada bencana baik bencana Banjir maupun bencana alam lainya serta penyiapan sarana dan prasarana apabila terjadi bencana alam di Kabupaten Bangkalan dan sudah ditentukan Pos Komando (Posko) untuk pengendali kalau ada suatu bencana alam,” terangnya.

 

Dalam kesempatan ini, kegiatan dilanjutkan rapat persiapan Gladi Lapang Rencana kontinjensi  BPBD Kabupaten Bangkalan, dari Kodim 0829/Bangkalan yang disampaikan Kapten Czi Dirjakiat.
 
“Perubahan paradikma penangulangan bencana dari yang bersifat responsif menjdi lebih ke preasif. Aspek pengurangan resiko dan kesiap siagaan merupakan fokus dalam penanggulangan bencana kedepan,” jelas Kapten Czi Dirjakiat
 
Ia menjelaskan juga bahwa “Geladi penanggulangan bencana merupakan bentuk implementasi dan sudah satu aspek ke siapsiagaan yaitu upaya memberdayakan aparatur dan masyrakat  agar mampu sadar berinisiatif untuk melakukan tindakan penyelamatan pada saat bencana alam terjadi,” lanjutnya

 

Sedangkan tujuan dari Geladi adalan mempratekan menguji rencana kontinjensi penanggulangan bencana., diantaranya pertama, meningkatkan pemahaman kemampuan dan ketrampilan aparatur dalam penanggulangan bencana, kedua, meningkatkan koordinasi dan komando penanggulangan bencana, ketiga, mengindentifikasi kesenjangan dan kesiapan sumber daya dan yang keempat, meningkatkan peran serta dan kesiagaan masyarakat.

 

“Dengan sasaran tercapainya peningkatan pengetahuan dan kemampuan serta keterampilan unsur pimpinan daerah BPBD dan instansi terkait dalam pelaksanaanya tanggap darurat bencana,” pungkasnya.

 
Authentikasi :
Kapenrem 084/BJ Mayor Inf Drs. Sutadji

TerPopuler