Koramil 0826/04 Galis, Hadiri Kegiatan Budidaya Melati Hias

Koramil 0826/04 Galis, Hadiri Kegiatan Budidaya Melati Hias

Saturday, 19 December 2015, 07:08

Pamekasan,(kanalmadura)-Bintara Urusan Komsos Koramil 0826/04 Galis Serka Adi Santoso bersama Babinsa Serda Junaedi dan Sertu Salahudin, hari Kamis (17.12.2015) menghadiri dan mengikuti kegiatan  temu lapangan dan sekolah lapangan budi daya tanaman hias melati di balai Desa Pagendingan Kecamatan Galis.

Program yang dimotori Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur dalam program Farm Building dihadiri dan diikuti Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur yang diwakili Kepala Bidang Holtikultura Dinas Pertanian Provinsi Sita Ratih Purwandari, Kadistan Pamekasan Isye Windarti dan Penyuluh serta Kelompok Wanita Tani Melati dan Kelompok Wanita Tani Kartini Desa Pagendingan.

Berawal dari ide dari Kepala Desa Pagendingan Hj. Rahmawati ketika melihat tanaman melati dipagar kebun depan rumahnya sehingga timbul ide untuk membudidayakan tanaman melati. "Saya melihat lahan yang ada subur untuk ditanami tanaman hias bunga melati" terang Hj. Rahmawati.

Ide Kades tersebut diselaraskan dengan program Dinas Pertanian Provinsi, sehingga dikembangkan tanaman hias melati dibalai Desa Pagendingan. Sekolah lapangan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan bertani tanaman hias bunga melati.

Untuk mendukung pengembangan budi daya bunga melati Kades Hj. Rahmawati telah menyiapkan lahan seluas 1 (satu) Ha. "Prospeknya cukup bagus dan sangat menguntungkan buat petani. Karena bunga melati banyak dibutuhkan, terutama dalam kegiatan adat" ungkap Kades.

Dalam sambutan Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur yang diwakili Kepala Bidang Holtikultura Dinas Pertanian Provinsi Sita Ratih Purwandari menjelaskan bahwa budi daya melati satu-satunya yang mendapat bantuan dari Dinas Pertanian Provinsi serta dikembangkan di Jawa Timur hanya diwilayah Desa Pagendingan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan.

"Hal ini (budidaya melati) perlu dikembangkan agar lebih baik dan dimaksimalkan sehingga diharapkan hasil panen bunga melati dapat menambah pendapatan untuk Ibu-ibu anggota Poktani dan PKK Desa Pagendingan" tegas Sita.
Sementara itu menurut Serka Adi Santoso saat dikonfirmasi awak media mejelaskan bahwa kehadirannya bersama Babinsa untuk mendampingi petani dalam mengembangkan tanaman bunga melati. "Semoga dengan kehadiran kami (TNI), petani tambah semangat" tegasnya.*(ri/ynt)

TerPopuler