Danrem : Karapan Sapi Budaya yang Harus Dilestarikan

Danrem : Karapan Sapi Budaya yang Harus Dilestarikan

Sunday, 1 November 2015, 20:41

Pamekasan,(kanalmadura.com)-Pagelaran lomba karapan sapi tahunan memperebutkan piala presiden atau yang dikenal dengan istilah "Gubeng" mendapat apresiasi dari Komandan Korem 084/Bhaskara Jaya.

Lomba karapan sapi yang digelar Minggu  (01.11. 2015) di stadion R. Sunarto Hadiwidjojo Pamekasan dihadiri oleh Danrem 084/BJ Kolonel Inf Muhammad Nur Rahmad mewakili Pangdam V/Brawijaya. Melihat pagelaran lomba karapan sapi Danrem sangat menikmatinya, bahkan terlihat ikut bersorak saat sapi dilepas sampai masuk finish.

Ketika awak media mencoba meminta tanggapan terkait pelaksanaan lomba karapan sapi Gubeng, Danrem merasa sangat senang dan mengharapkan karapan sapi ini dapat dilestarikan sebagai kekayaan budaya Bangsa Indonesia.

"Karapan sapi pada awalnya adalah tradisi masyarakat Madura merayakan panen yang melimpah, dalam perkembangannya sekarang karapan menjadi tradisi budaya sebagai ciri khas budaya Madura, hal ini harus dilestarikan" ungkap Danrem.

Gubeng tahun 2015 kali ini diikuti 24 pasang sapi yg siap dilombakan dan penataan lintasan lomba yang lebih baik sehingga pelaksanaannya lebih meriah, tertib dan lancar.*(ri/ynt)

TerPopuler