-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Index berita

iklan

Iklan

Babinsa Bantu Pembuatan Jamban Untuk Program Sejuta Jamban.

Wednesday 12 August 2015 | 21:49 WIB | 0 Views Last Updated 2015-08-12T14:54:36Z

PAMEKASAN (kanalmadura.com) - Program sejuta Jamban adalah sebuah program penyediaan sarana sanitasi jamban sehat (Hygiene Sanitation) berbasis masyarakat serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk stop buang air besar sembarangan. Program stop buang air besar sembarangan dilakukan melalui kegiatan penyuluhan yang bersifat edutainment untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat akan pentingnya kesehatan lingkungan dan pembuatan jamban.

Untuk mempercepat terealisasinya program sejuta jamban, Kodim 0826 Pamekasan melalui jajarannya melaksanakan pendataan warga yang belum memiliki jamban dan dilanjutkan kegiatan pembangunan jamban. Pembuatan jamban untuk warga ini merupakan program sanitasi total berbasis masyarakat.

Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 0826/13 Pasean Serda M. Jafar dalam pekan ini bersama warga masyarakat mulai melaksanakan pembuatan jamban di Dusun Kendal Desa Bindeng Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan. Kegiatan pembuatan dimulai dengan penggalian lubang septictank milik Syafiuddin salah satu warga yang belum memiliki jamban.

Menanggapi program sejuta jamban yang dicanangkan pemerintah, warga masyarakat sangat berterimakasih dan antusias untuk membantu mensukseskan program tersebut. "Saya sangat senang dan berterimakasih mendapat bantuan pembuatan jamban, sehingga kami tidak perlu lagi buang air di sungai" kata Syafiudin dengan mata berbinar.

Dandim 0826/Pamekasan, Letkol Arm Mawardi, S.A.P menyatakan bahwa kebutuhan jamban sesuai data masyarakat yang belum memiliki jamban untuk Kabupaten Pamekasan sebanyak 4.552 unit. "Yang terbanyak yang belum memiliki jamban di Kecamatan Galis 929 unit, kemudian Kecamatan Pakong 809 unit, selanjutnya Pasean 669 unit dan Pademawu 643 unit" jelas Dandim.

bahwa, lanjut Dandim, pencanangan sejuta jamban di Kabupaten Pamekasan belum dilaksanakan karena sibuknya agenda kegiatan Bupati. "Namun dalam waktu dekat akan dilaksanakan (pencanangan)" sambungnya.

Sekedar di ketahui, saat ini Kodim akan membangun 228 unit jamban dan untuk kedepannya program ini akan terus dilaksanakan bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Pamekasan dan swasta sehingga seluruh masyarakat Kabupaten Pamekasan memiliki sanitasi jamban sehat.*(ri/ynt)

×
Berita Terbaru Update