-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Index berita

iklan

Iklan

Poktan Banyu Urip Jajal Alsintan Cobine Paddy Harvest

Friday 10 July 2015 | 11:26 WIB | 0 Views Last Updated 2015-07-10T07:37:31Z

PAMEKASAN,(10/7/2015) Kanalmadura.com - Kelompok Tani (Poktan) Banyu Urip hari Kamis (09.07.2015) terlihat berbeda saat memanen padi di sawah milik Bu Ma'i (46 tahun) salah satu anggotanya di Dusun Tlagah Desa Banyubulu Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan.

Di lahan seluas 5000 m2, tersebut untuk pertama kalinya dilaksanakan panen padi sekaligus menjajal Alsintan yang baru diterima berupa alat panen padi kombinasi (Cobine Paddy Harvest).

Cobine Paddy Harvest merupakan kombinasi antara pemotong dan perontok padi (thrasher) serta bisa berjalan dengan mesin beroda rantai seperti roda tank.

Bantuan alsintan itu untuk kali pertama digunakan setelah diterima pada hari Jum'at (03.07.2015) lalu.

Menurut Sertu Agus Dwi Babinsa Banyubulu Koramil 0826/03 Proppo saat pendampingan panen padi, mengatakan bahwa dengan Alsintan (combine) ini bisa mempercepat dan mempermudah pemanenan padi.

"Proses panen lebih cepat, pengoperasiannya juga mudah, sehingga petani tidak ada kesulitan" terang Sertu Agus.

Sementara itu menurut Lilik selaku PPL Desa Banyubulu menerangkan  dengan Alsintan (combine) ini, padi yang dipanen hasilnya langsung menjadi gabah bersih.

"Kelebihannya menggunakan Cobine Paddy Harvest adalah kotoran dan gabah kosong langsung terbuang keluar bersama batang padi, dan hasilnya langsung menjadi gabah bersih" Ujarnya.*(ri/sui/ksm)


×
Berita Terbaru Update