MAKO (MADURA KOMPAK), KOMITMEN MENGAWASI ANGGARAN DAERAH UNTUK KEMAJUAN MADURA

MAKO (MADURA KOMPAK), KOMITMEN MENGAWASI ANGGARAN DAERAH UNTUK KEMAJUAN MADURA

Monday, 1 June 2015, 16:23

Pamekasan, (01/06/2015) Kanalmadura.com - Hari kamis tanggal 28 mei 2015 merupakan hari bersejarah buat Lembaga Swadaya Masyarakat MADURA KOMPAK (MAKO), dimana hari itu adalah hari terbentuknya bagi MAKO itu sendiri.

Pembentukan MAKO atau Madura Kompak tidak lain adalah sebagai wadah pemersatu warga madura yang bertujuan untuk ikut mendukung kemajuan madura kedepan.

Hal itu disampaikan Ketua Umum MAKO, Akhmad Riadi. Yang mengatakan terbentuknya Mako selain sebagai wadah pemersatu juga sebagai lembaga kontrol sosial sesuai undang-undang.

"Hal ini sesuai dengan undang undang no. 17 tahun 2013 dan LSM berdasarkan fungsinya adlah sebagai lembaga sosial kontrol masyarakat, baik itu kepada infra dan supra struktural,"Ujarnya

Oleh karenanya dengan ini bahwa LSM MADURA KOMPAK (MAKO) ini siap menjadi pelopor yang terdepan didalam hal pemperhatikan pembangunan daerah madura menuju madura madani yang bersih dari korupsi.

Dia juga menambahkan, Selama ini penyusunan, pembahasan, penetapan dan pelaksanaan anggaran daerah dilakukan secara tertutup dan hanya melibatkan segelintir orang dan tidak berpihak kepada kepentingan rakyat.

Selain itu, anggaran negara maupun daerah dianggap sebagai domain pemerintah, sehingga rakyat diposisikan hanya sebagai objek, dan hal itu menyebabkan terjadinya anggaran negara yang tidak sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan rakyat, maka atas hal itu perlu adanya keterlibatan masyarakat sebagai civil society yang ikut mengawasi.

"Pada hakekatnya, anggaran negara merupakan alat untuk menciptakan dan menjamin kesejahteraan seluruh rakyat. Karena itu dalam setiap proses penyusunan dan penetapannya, rakyat memiliki hak penuh untuk terlibat, sehingga tercipta anggaran negara sebagai manifestasi dari prinsip-prinsip kedaulatan rakyat dan keadilan sosial".Jelasnya *(ksm)

TerPopuler