Dinilai Prospek. Kelompok Petani Cacing, Berharap Perhatian Pemerintah Daerah.

Dinilai Prospek. Kelompok Petani Cacing, Berharap Perhatian Pemerintah Daerah.

Tuesday, 16 June 2015, 05:55

Pamekasan, (16/6/2015) Kanalmadura.com - Beternak cacing atau budidaya cacing, mungkin masih menjadi kegiatan aneh, dan belum familier di telingga kita.

Namun, tingginya permintaan untuk kebutuhan farmasi, kosmetik, maupun pakan ternak mampu membuat sirna keraguan-raguan akan potensi dan prospek cerah budidaya cacing Lumbricus Rubellus.

Bahkan untuk memenuhi permintaan pasar yang tinggi, cacing sudah mulai di budidaya oleh sebagian masyarakat desa bunder, kecamatan pademawu, Pamekasan.

Amin makmun, salah satu petani cacing kepada kanalmadura.com mengatakan saat ini budidaya cacing didesanya terus disosialisasikan karna permintaan pasar cukup tinggi dan prospeknya yang dinilai sangat cerah.

Dia berharap bisnis cacing bisa menjadi komuditas masa depan.

"Komoditas cacing juga diharapkan menjadi bisnis agri masa depan yang selaras dengan misi setiap negara dalam melestarikan lingkungan".Ujarnya

Dia juga menjelaskan, Cacing (khususnya jenis Lumbricus Rubellus) memang memiliki banyak manfaat untuk manusia. Diantara kebaikan-kebaikan ini, cacing bisa dijadikan obat penurun panas dan demam yang sangat efektif.

Amin juga menuturkan dari sekian kelompok cacing binaannya saat ini bahkan sudah ada yang akan mengikuti lomba tingkat jawa timur, bahkan di pademawu sendiri sudah didirikan rumah cacing.

Hanya saja menurutnya, perhatian pemerintah kabupaten Pamekasan terhadap para peternak cacing di desanya masih kurang bahkan tidak ada perhatian sama sekali.*(ad/ie)

TerPopuler