5 Kuliner Khas di Pulau Madura

5 Kuliner Khas di Pulau Madura

Sunday, 18 August 2019, 15:11

Kanalmadura.id- Pulau Madura merupakan pulau yang memiliki banyak sekali keunikan, budaya dan makanan yang sangat khas, apa saja makanan yang sangat khas di pulau Madura.


1.SATE


Siapa yag tidak mengenal makanan yang satu ini, jika berbicara tentang sate, maka semua orang pasti tertuju pada sate Madura.
Bahan sate yang digunakan cukup beragam, mulai dari daging Sapi, Ayam, Kambing Dan Daging Kelinci
Daging yang telah dipotong kecil-kecil akan ditusuk menggunakan bambu berukuran kecil, kemudian dipanggang di atas bara api, setelah setengah matang, kemudian diolesi bumbu kemudian dipanggang kembali.
Setelah matang angkat, dan tuangkan bumbu di atas sate tersebut. Makanan yang satu ini paling enak jika dikonsumsi selagi hangat bersama lontong.

2.Rujak Corek




Rujak corek sendiri dibuat dari entimun yang telah dicuci hingga bersih, kemudian dikupas kulitnya. Bagian dalam yang berisi biji mentimun  kemudian “dicorek” atau dikeruk, dan dicampur dengan bumbu khusus yang ada di dalam cobek. kemudian bumbu tersebut, dimasukkan ke dalam mentimun yang telah dikeruk dalamnya.
Sedangkan cara mengkonsumsinya adalah dengan menggigit sekaligus menyeruput kuah yang ada di dalam mentimun.

baca juga:6 Destinasi Wisata di Madura Yang Wajib di Kunjungi

3.Lorjuk




Lorjuk merupakan sejenis kerang yang memiliki cangkang panjang, Untuk menemukan kerang yang satu ini, masyarakat Madura, biasanya memanfaatkan laut yang sedang surut. Ketika sedang surut inilah biasanya kerang tersebut, terjebak di dalam sedimen laut.
Lorjuk dapat dijadikan berbagai macam camilan, mulai dari rangginang lorjuk, tumis lorjuk, lorjuk goreng, dan aneka penganan lainnya.


 4.Bebek Songkem




Rasa dari olahan Bebek yang satu ini, tidak kalah menarik dan enak dibandingkan dengan bebek bakar atau juga bebek goring, Seperti namanya, maka bahan dasar untuk membuat panganan ini adalah bebek. Bebek yang telah dibersihkan, kemudian diberi bumbu tertentu, kemudian ditelungkupkan, dan dikukus menggunakan daun pisang.
Untuk memperoleh bebek songkem tidaklah sulit terutama ketika anda berkunjung ke Kabupaten Sampang Madura, disitu banyak rumah makan yang menyediakan bebek songkem, Bebek Songkem paling nikmat jika disajikan bersama sambal, lalaban dan nasi yang masih hangat.


5. Tajin Sobih.




Tajin sendiri adalah istilah untuk kuliner berjenis bubur, sedangkan nama Sobih adalah nama salah satu desa kecil yang ada di kabupaten Bangkalan Madura. Kuliner yang satu ini biasanya dijajakan oleh para ibu-ibu berusia lanjut, dengan cara ditanggung di atas kepala, dan dijajakan berkeliling.
Kuliner yang satu ini terdiri atas berbagai macam isian, ada yang mirip dengan bubur sumsum, dan jenis lainnya. Panganan tersebut kemudian disimpan di atas daun pisang, kemudian diberikan kuah gula merah. Rasa dari panganan ini adalah manis dan gurih. 
sumber*gotravelly

TerPopuler