MENCARI TITIK TEMU VAKSIN DIFTERI, FORUM LSM PAMEKASAN LANJUT AUDENSI MAPOLRES

MENCARI TITIK TEMU VAKSIN DIFTERI, FORUM LSM PAMEKASAN LANJUT AUDENSI MAPOLRES

Tuesday, 27 February 2018, 21:29

Pamekasan, kanalmadura.com -  Selasa, 27/2. Forum LSM Pamekasan Audensi ke Polres Pamekasan, menindak lanjuti kasus vaksin difeteri yang beberapa minggu lalu viral di beberapa media di Kecamatan Kadur, Pamekasan, Madura Jawa Timur.

LSM yang terbagung di Forum tersebut diantaranya hadir beberapa Ketua LSM se-Kabupaten Pamekasan centre untuk mengawal kasus vaksin, mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Mencari titik temu serta masyarakat tahu penyebab adanya korban pasca dilakukan vaksin oleh Dinas kesehatan Kabupaten Pamekasan, yang sampai saat ini belum terungkap.

Dalam audensi tersebut diterima langsung oleh Kapolres Pamekasan AKBP Teguh Wibowo SIK. Bersama jajaran Polres Pamekasan.

Ribut Baidi, Koordinator Forum LSM Pamekasan memyampaikan beberapa topik persoalan yang terjadi, serta meminta kerja sama Polres Pamekasan dalam melakukan penyelidikan dan penyidikan.

"Kami mendukung program Nasional terkait vaksin ini, namun kami juga meminta kepada Polres Pamekasan untuk mendukung gerakan yang dilakukan kami, untuk melakukan penyidikan dan penyelidikan timbulnya vaksin difteri yang mengakibatkan banyak jatuh korban pasca dilakukannya vaksinisasi oleh Dinas Kesehatan khususnya di Kabupaten Pamekasan," paparnya.

"Apakah vaksin tersebut kadaluarsa dan tidak sesuai dengan prosedur vaksinisasi atau karena dari kealfaan pihak Dinas Kesehatan, dan ini yang kami minta Polres Pamekasan melakukan langkah-langkah. Terus terang kami tidak mau mencari kesalahan pihak-pihak terkait dalam hal ini, namun bagaimana masyarakat tahu, dan tidak trauma ke depannya jika berhadapan dengan vaksin," tambah Ribud, sapaan akrabnya.

Sementara itu Kapolre Pamekasan AKBP Teguh Wibowo SIK, menjelaskan bahwa, Polres Pamekasan bersama Polsek Kadur Pamekasan, pada saat kejadian langsung turun ke lokasi dan mencari sumber penyebab terjadinya pasien kejang-kejang dan pingsan.

"Kami bersama Polsek Kecamatan Kadur pasca kejadian tersebut datang ke lokasi, dan disitu kami membawa barang bukti berupa jarum suntik dan alat-alat kesehatan lainnya untuk kami jadikan sampel, yang nantinya akan dilakukan penyelidikan dan penyidikan," jelas AKBP Teguh Wibowo SIK.

Sampai berita ini diturunkan, pihak Polres Pamekasan belum memberikan jawaban valid, serta pihak Forum LSM Pamekasan nanti akan memanggil Pihak Dinas Kesehatan untuk audensi bersama Komisi IV di Gedung DPRD Pamekasan dengan meundang pihak Polres Pamekasan.

Terlihat Ketua LSM yang hadir pada audensi di aula Polres Pamekasan, LSM Aliansi Warga Pantura Madura AWPM, (Imam Syafi'i.) LSM GINTA Gerakan Intelektual Muda Madura (Taufiqur Rahman.) FORSAM (Ribud Baidi selaku Kood Forum.) LP2SI (Wahed.) Dan beberapa Ketua LSM lainnya yang tergabung pada Forum LSM Pamekasan. 

Sb. pilarpost

 

TerPopuler