Personel Kodim Bangkalan Hadiri Sosialisasi Penanganan Kusta

Personel Kodim Bangkalan Hadiri Sosialisasi Penanganan Kusta

Friday, 9 December 2016, 12:56

Bangkalan,kanalmadura.com - Jumat, 9/12/2016. Jajaran Kodim 0829/Bangkalan berupaya memabantu program kesehatan masyarakat yang dicanangkan pemerintah.

 

Seperti yang dilakukan Komandan Rayon Militer (Danramil) 0829-17/Tanjung Bumi Kapten Inf Setyo Bhakti dan Danramil 0829-16/Sepulu Kapten Inf M. Yusron menghadiri sosialisasi penanganan kusta dan frambusia (kudis) dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan di Aula Kecamatan Tanjung Bumi, Selasa lalu (8/12/2016).

Kepala Puskesmas Tanjung Bumi, Suroso, mengatakan, bahwa sosialisasi  ini bertujuan supaya masyarakat tahu hingga sejauhmana situasi terkini tentang kusta di Bangkalan. Sementara bagi Puskesmas itu sendiri, agar melakukan re-orientasi petugas dalam penemuan kasus ini

 

Sedangkan dari Petugas Dinkes Bangkalan dalam paparannya di hadapan peserta itu mengatakan, penyakit kusta dan frambusia (kudis)  itu dinilai sangat penting untuk dibahas. Masyarakat atau pasien diminta tak perlu kuatir atau takut, karena penyakit tersebut akan mudah diobati asalkan si penderita berobat secara teratur.

 

"Kusta itu penyakit menular menahun yang disebabkan oleh kuman Kusta (Mycobacterium leprae) yang menyerang kulit, saraf tepi dan organ tubuh lain dan dapat menyebabkan kecatatan tubuh," jelasnya.

 

Penyakit kusta akan bisa diatasi jika si penderita rajin berobat secara kontinyu. Sementara frambusia adalah luka agak besar dan sudah lama yang di derita seseorang (Cabok) dan kondisinya berbeda jauh dengan luka ringan. Luka ini pun butuh penanganan yang serius.

 
Authentikasi :

Kapenrem 084/BJ Mayor Inf Drs. Sutadji

TerPopuler