Konsekuensi Buka Filter Udara Karburator.

Konsekuensi Buka Filter Udara Karburator.

Tuesday, 1 November 2016, 21:38

Otomotif, kanalmadura.com - Selasa, 01/11/2016. Salah satu komponen penting pada sepeda motor adalah filter udara. Fungsi dari saringan ini adalah untuk menahan debu dan kotoran dari luar sebelum masuk ke ruang bakar.
Lalu apakah benar mitos melepas filter udara di motor bisa membuat tarikan mesin lebih bertenaga? Menjawab ini, Slamet Pamuji dari Selta Motor menerangkan bahwa melepas filter membuat suplai udara masuk lebih besar dari luar. Otomatis membuat napas tarikan lebih panjang di putaran atas, tapi ada konsekuensinya.
"Dari namanya saja sudah sebagai filter, melepas berarti membiarkan udara masuk dengan bebas. Untuk motor balap mungkin open filter diperlukan karena sesuai kebutuhan, yakni putaran tenaga yang cepat dan besar. Tapi kalau untuk harian ada efek buruknya," ujar Slamet kepada Otomania,kemaren Minggu (30/10/2016).

Membuka filter sama saja menginzinkan semua udara masuk tanpa ada saringan. Kandungan udara sendiri umumnya sudah terkontaminasi dengan debu dan kotoran lainya, karena itu saat filter dibuka debu dengan mudah masuk ke lubang hisap karburator, intake, piston, bahkan sampai mesin yang berakibat fatal.

Selain masalah debu yang masuk, perubahan paling cepat saat motor dilepas saringan udaranya adalah konsumsi bahan bakar yang lebih boros. Menurut Slamet, kondisi tanpa filter membuat pantulan bahan bakar langsung terbuang saat kena udara.

"Meski bikin tarikan lebih enteng, tapi ingat fungsi motornya. Kalau untuk harian sebaiknya jangan karena dampaknya bisa merugikan," kata Slamet. (Sumber otomania.com)

TerPopuler