-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Index berita

iklan

Iklan

Babinsa yakinkan tidak ada penyimpangan bantuan irigasi

Wednesday 12 August 2015 | 08:39 WIB | 0 Views Last Updated 2015-08-12T01:47:24Z

Pamekasan (Kanalmadura.com) - Program upaya khusus (Upsus) swasembada pangan dilaksanakan pemerintah untuk memacu peningkatan hasil produksi pertanian khususnya padi, jagung dan kedelai (pajale). Salah satu bantuan Upsus adalah perbaikan infrastruktur jaringan irigasi pertanian. Dalam pelaksanaannya perbaikan irigasi program Upsus diserahkan kepada para kelompok tani (Poktan) agar tepat sasaran sesuai kebutuhan.

Pendampingan program Upsus swasembada pangan yang dilaksanakan oleh Kodim 0826/Pamekasan tidak hanya dalam pengolahan dan penanaman, namun juga pendampingan kegiatan pendukung lainnya. Salah satu pengawalan yang dilakukan oleh Kodim 0826 melalui para Babinsa adalah memastikan program perbaikan irigasi dilaksanakan sesuai rencana dan peruntukannya.

Seperti yang dilakukan oleh Serda Alfret Babinsa Posramil 0826/12 Kadur Desa Sokolela bersama Serka Suaidi pada hari Senin (10.08.2015) melaksanakan pengecekan kesiapan materiil untuk perbaikan irigasi di Poktan Sumber Tani Dusun Baban Desa Sokolela Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan.

Irigasi yang akan diperbaiki sepanjang 138 meter, dengan lebar 50 cm dan tinggi 70 cm diharapkan nantinya bisa mengairi lahan sawah tanaman padi seluas 30 Ha dan tanaman jagung 35 Ha.

Menurut Ketua Poktan Sumber Tani Moh Hasan (43 tahun) bahwa dengan dibangunnya irigasi tersebut yang semula panen jagung sekali dalam setahun diharapkan bisa dua kali panen jagung.

"Kegunaan dibangunnya irigasi adalah untuk  memperlancar proses pengairan dan mengurangi kehilangan air dari kebocoran dan peresapan" jelas Moh Hasan.

Sementara itu Babinsa menegaskan bahwa pengecekan yang dilakukan untuk mengetahui kesiapan bahan material yang digunakan dalam pembangunan irigasi. "Kami mengecek bahan materil yang akan digunakan untuk dibangunnya irigasi dan memastikan tidak ada penyimpangan" tegas Serda Alfret.

Dana pembangunan/perbaikan irigasi didapatkan dari dana Upsus kementerian pertanian sebesar Rp.
60.000.000,- langsung diterimakan dan masuk rekening Poktan Sumber Tani.

"Pembangunan irigasi akan dimulai 1 (satu) minggu lagi secara gotong royong dan kami berharap bapak Koramil bisa turut membantu, biar kami (petani) tambah semangat" harapan yang disampaikan Moh Hasan kepada Babinsa.*(ri/ynt)

×
Berita Terbaru Update